Ditulis Oleh: Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I.
Siswa kelas 6 SD Islam Surya Buana mengikuti kegiatan pembelajaran yang inovatif untuk membantu mereka belajar berempati melalui permainan kartu emoji. Dalam kegiatan ini, mereka diperkenalkan dengan berbagai kartu emoji yang menggambarkan emosi yang berbeda-beda, seperti senang, sedih, marah, dan lain-lain.
Kegiatan permainan kartu emoji ini merupakan kegiatan ice breaking dari salah satu bab dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Permainan ini diawali dengan pembacaan pernyataan-pernyataan oleh guru. Siswa kemudian diminta untuk mengangkat kartu emoji sesuai dengan pernyataan yang sesuai. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa memahami dan mengidentifikasi emosi orang lain, serta mengembangkan kemampuan empati mereka.
Melalui permainan kartu emoji, siswa dapat belajar untuk memahami perasaan dan emosi orang lain, serta mengembangkan kemampuan untuk memberi respon dengan tepat. Kegiatan ini juga dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan sosial mereka, seperti komunikasi dan kerja sama.
Pembelajaran ini merupakan salah satu contoh kegiatan inovatif sederhana yang dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan empati dan sosial mereka. Dengan demikian, siswa dapat menjadi lebih peka dan responsif terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain, serta menjadi individu yang lebih seimbang dan bahagia. Kegiatan pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi siswa SD Islam Surya Buana dan membantu mereka mengembangkan kemampuan empati dan sosial yang lebih baik.