Ditulis Oleh: A. Musthofa Malik, S.Pd.
Pada tanggal 5 Agustus 2025, murid kelas 2D berkesempatan untuk belajar tentang ragam warna. Mereka diajak untuk mengekplorasi dan mengenal lebih jauh tentang warna primer dan warna sekunder. Selain bertujuan untuk memahami tentang konsep warna primer dan warna skunder, mereka juga belajar untuk mengasah kreativitas melaui aktivitas kreatif dan menyenangkan.
Pembelajaran ini diawali dengan kegiatan pengenalan konsep terhadap warna primer maupun warna sekunder. Konsep warna primer terdiri dari 3 warna yaitu merah, kuning, dan biru. Dari 3 warna primer tersebut, murid membentuk warna-warna baru dengan menggabungkan 2 warna. Dengan menggabungkan 2 warna tersebut, murid telah mampu membuat warna baru yang dikenal dengan warna sekunder.
Setelah murid memahami tentang konsep warna primer dan warna sekunder, mereka dibagi menjadi kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 anak. Setiap kelompok menerima satu buah gantungan kunci serta satu set pewarna yang berisi tiga warna primer. Tugas masing-masing kelompok adalah menghias gantungan kunci tersebut sekreatif mungkin dengan mengombinasikan warna-warna yang telah diberikan.
Kegiatan pembelajaran berlangsung dengan antusias murid-murid. Ada yang berdiskusi membuat perencanaan warna dan ada juga yang langsung mencampurkan 2 warna untuk membuat warna baru. Melalui aktivitas ini, para murid lebih memahami tentang konsep warna sekunder melalui percobaan secara langsung, tidak hanya sebatas teori saja.
Di akhir kegiatan, masing-masing kelompok memamerkan karyanya di depan teman-temannya. Berbagai kreasi yang mereka hasilkan berwarna-warni dan menarik. Kegiatan ini tidak hanya memperkaya pengetahuan murid tentang warna, tetapi juga menanamkan nilai kerja sama, tanggung jawab, dan kreativitas dalam belajar.




