SD ISLAM SURYA BUANA

Kreativitas Siswa dalam Memanfaatkan Kardus Bekas pada Pembelajaran Matematika Materi Tangram

Pembelajaran matematika sering kali dianggap sulit dan monoton oleh sebagian besar siswa. Namun, pendekatan kreatif dengan memanfaatkan bahan sederhana seperti kardus bekas dapat mengubah suasana kelas dan membuat materi menjadi lebih menarik. Salah satu metode yang dapat diaplikasikan adalah penggunaan tangram.

Tangram, permainan puzzle tradisional Cina, terdiri dari tujuh bentuk geometris sederhana yang dapat disusun menjadi berbagai bentuk lebih kompleks. Menggunakan kardus bekas untuk membuat set tangram memberikan sentuhan ekonomis dan ramah lingkungan pada pembelajaran.

Langkah-langkah pembuatan tangram dari kardus bekas:

  1. Persiapkan kardus bekas: pilih kardus bekas yang cukup tebal untuk dijadikan sebagai dasar tangram. potong kardus sesuai dengan ukuran tangram yang diinginkan.
  2. Pola Tangram: gunakan alat ukur untuk menggambar pola tangram pada kardus. Pastikan bahwa pola tersebut jelas dan mudah diidentifikasi.
  3. Pewarnaan dan pewarnaan ulang: anak-anak dapat melibatkan diri dalam mewarnai set tangram mereka. Pewarnaan dapat membantu memperkuat pemahaman warna dan bentuk.
  4. Pemotongan dengan aman: anak-anak harus dibimbing saat memotong kardus sesuai pola tangram. pastikan pemotongan dilakukan dengan aman dan menggunakan alat potong yang sesuai.
  5. Eksplorasi Bentuk: Setelah tangram selesai, dorong siswa untuk bereksperimen dengan menyusun bentuk-bentuk menggunakan potongan-potongan tangram. Ini dapat dilakukan secara individu atau dalam kelompok. 

Manfaat pembelajaran tangram dari kardus bekas yaitu dapat menstimulasi kreativitas peserta didik . Proses pembuatan dan penggunaan tangram dari kardus bekas merangsang kreativitas peserta didik, mengajak mereka untuk berpikir di luar batas dan menciptakan bentuk-bentuk baru. Memberikan pemahaman geometri, tangram membantu memperkuat pemahaman siswa tentang bentuk geometris dasar, hubungan antar-bentuk, dan konsep geometri secara umum. Pengembangan keterampilan motorik proses memotong, menyusun, dan memanipulasi potongan tangram membantu mengembangkan keterampilan motorik halus anak-anak. Kolaborasi dan Komunikasi, aktivitas tangram dapat diadaptasi menjadi permainan kelompok, memungkinkan siswa untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan memecahkan masalah bersama.

Penggunaan kardus bekas untuk pembelajaran matematika dengan materi tangram bukan hanya cara yang ramah lingkungan, tetapi juga menghadirkan elemen kesenangan dan kreativitas dalam pembelajaran. Melibatkan siswa dalam proses pembuatan dan penggunaan tangram dapat meningkatkan daya tarik mereka terhadap matematika, menciptakan pengalaman pembelajaran yang berkesan dan membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. 

Oleh : Elisatul Evi Zuliana, S.Pd

Share your love