Allah SWT menciptakan bumi ini dengan segala isinya agar manusia mampu memanfaatkannya, namun juga ikut melestarikannya. Sesuai misi SD Islam Surya Buana dalam bidang Adiwiyata yaitu mewujudkan generasi yang cinta lingkungan dan inovatif, sehingga sekolah perlu memfasilitasi para siswanya untuk lebih mengenal alam, sehingga tidak merusak apa yang sudah Allah SWT anugerahkan bagi makhluknya di muka bumi ini. Para siswa perlu untuk terjun langsung belajar serta membentuk pengalamannya sendiri terkait lingkungan dan terbuka wawasannya akan kemajuan inovasi teknologi yang sesuai zamannya.
Pada tanggal 14 Februari 2023, rombongan siswa kelas 3 SD Islam Surya Buana melaksanakan kegiatan studi visual ke Eduwisata Sengkaling UMM. Studi visual merupakan program kegiatan rutin yaitu belajar dengan memanfaatkan sumber belajar lain yang ada di luar lingkungan sekolah, sesuai dengan karakteristik materi/tema yang sedang dipelajari oleh siswa. Dengan mengusung Tema 6 yaitu “Energi dan Perubahannya”, maka dipilihlah Eduwisata Sengkaling UMM untuk menjadi tujuan studi visual kali ini. Eduwisata yang ditawarkan oleh Sengkaling yaitu mengenai proses pembuatan dan pemanfaatan energi terbarukan, pembuatan eco enzyme, serta mengenal biota air.
Kegiatan pertama di Eduwisata Sengkaling UMM yaitu para siswa dikumpulkan di sebuah lapangan untuk mendengarkan pengarahan dari kakak-kakak panitia Eduwisata. Di lapangan itu, para siswa melakukan senam bersama dan dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok akan menyebar ke tempat-tempat yang berbeda. Salah satu tempat yang dikunjungi siswa untuk menumbuhkan karakter cinta lingkungan yaitu tempat konsevasi air. Di sini, siswa belajar cara untuk menjaga kebersihan air dan mengamati biota air apa saja yang hidup di dalamnya sehingga semakin banyak biota air yang hidup, maka semakin bersih airnya dan sebaliknya. Selanjutnya, para siswa mengunjungi tempat hidroponik. Di tempat ini, para siswa belajar tentang cara menanam hidroponik, media apa yang cocok, serta manfaat menanam bagi lingkungan yang salah satunya yaitu mencegah erosi. Para siswa antusias mendengarkan dan mengamati sambil mencatat apa yang disampaikan oleh narasumber. Rombongan per kelompok juga mengunjungi tempat pengelolaan sampah. Di sana, mereka belajar cara membuat eco enzym dengan memanfaatkan sampah organik dengan bantuan cairan mulkosa untuk membantu proses terjadinya fermentasi, serta belajar membedakan sampah organik dan sampah anorganik yang ada di lingkungan sekitar.
Terakhir, para siswa menuju gedung kapal untuk belajar tentang energi yang terbarukan. Di sini, para siswa menambah wawasan terkait inovasi teknologi yang menghasilkan energi terbarukan, sehingga memiliki misi dalam konservasi energi. Beberapa contohnya yaitu ada Lengan Robot Continuum yang memiliki tuas dan cakram untuk melatih ketangkasan yang terbuat dari bahan-bahan sederhana. Kemudian, ada Wind Turbine Generator (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) yang didesain memiliki tiang dan baling-baling yang bisa berputar sehingga bisa berguna untuk menghasilkan energi listrik yang disalurkan ke rumah-rumah. Ada inovasi Solar Tracker yang menggunakan penggabungan teknologi panel surya dan sensor cahaya, sehingga bisa bergerak mengikuti arah sumber cahaya namun bisa menghasilkan energi listrik, dan masih banyak lainnya.
Rombongan siswa kelas 3 SD Islam Surya Buana juga diajak untuk mencoba menaiki inovasi teknologi perkapalan yaitu Sangkaling EV.3 Mekatronic Team 1. Para siswa sangat takjub dan memiliki wawasan tambahan mengenai inovasi-inovasi teknologi dari hasil energi yang terbarukan. Serta juga bertambah wawasan tentang pemanfaatannya bagi kehidupan yang berkaitan dengan konservasi energi. Para siswa juga berkesempatan mencoba praktik menerbangkan roket tenaga angin yang dapat melesat kencang walau dari bahan-bahan bekas.
Di Eduwisata Sengkaling ini, selain belajar mengenai karakter cinta lingkungan dan energi yang terbarukan, siswa-siswi juga menaiki wahana kapal naga dengan berkeliling-keliling danau serta ditutup dengan menonton bioskop 4 Dimensi yang keren karena rekayasa optiknya dan animasinya. Rekayasa optik dan animasinya membuat para siswa takjub, namun tetap mengusung misi tentang menjaga kelestarian bumi. Dari pengalaman studi visual ini bisa memberikan banyak manfaat terutama bagi SD Islam Surya Buana yang memiliki misi dalam bidang Adiwiyata untuk menumbuhkan karakter siswa yang cinta akan lingkungan. Sehingga para siswa dapat mengamati keajaiban alam yang diciptakan Allah SWT dengan sempurna ini dan memanfaatkannya dengan tepat guna.
Setelah melaksanakan studi visual ke Eduwisata Sengkaling ini diharapkan siswa-siswi bisa semakin cinta lingkungan, mampu menjadi generasi yang tanggap melestarikan lingkungan, memiliki ide-ide kreatif di masa depan untuk merancang penemuan-penemuan yang bermanfaat untuk menjaga kelestarian sumber energi, bahkan menciptakan inovasi teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan. Semoga para siswa tumbuh menjadi generasi yang unggul dalam menjaga kelestarian lingkungan dan inovatif dalam bidang teknologi yang mampu bersaing di masa depan dengan berlandaskan syariat Islam. (Fitria Rohima Atika, S.Si.)